Dapatkan Anda Menjadi Orang Kaya Saat Berinvestasi Didalam Reksa Dana ?

Spread the love

Investasi adalah salah satu cara yang paling populer untuk menciptakan kekayaan. Dengan mengambil resiko pada tingkat tertentu, anda dapat menempatkan asetmu saat ini agar bekerja untuk anda dan menghasilkan pendapatan dalam periode jangka pendek atau panjang, tergantung pada tujuan investasi anda. Tentu saja, semakin besar resiko yang anda ambil maka semakin tinggi pula peluang keberhasilan dan kegagalannya. Ini adalah suatu alasan untuk sekuritas yang beresiko, seperti saham yang secara tradisional dianggap sebagai investasi bagi mereka yang ingin menjadi orang kaya.

Sejak reksa dana pada umumnya dianggap sangat aman, investasi yang lebih stabil, mungkin tampak berlawanan dengan intuisi bahwa hal ini dapat memberikan kesempatan yang cukup untuk menciptakan kekayaan yang agresif. Bahkan, beberapa jenis reksa dana hanya sebagai resiko atau beresiko dari investasi saham individu dan memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan besar. Khususnya dana saham dan dana obligasi – hasil tinggi, secara khusus dirancang untuk menghasilkan keuntungan yang tinggi dengan berinvestasi didalam aset yang sangat beresiko.

  • Dana saham hasil tertinggi

Ada berbagai dana saham yang berbeda yang ditujukan untuk investor yang memiliki tujuan tertentu. Seperti namanya yaitu dana – hasil tinggi, diarahkan untuk menghasilkan peluang keuntungan maksimum tergantung pada jenis pemegang saham yang mengejar pendapatan.

Bagi investor yang ingin menerima jumlah pendapatan maksimum dari investasi tahunan, dana dividen – hasil tinggi memfokuskan dirinya pada saham-saham yang secara konsisten membayar dividen yang sangat tinggi. Semua reksa dana harus mendistribusikan keuntungan bersih kepada pemegang saham, setidaknya sekali setiap tahun sehingga dana dividen – hasil tinggi menghasilkan setidaknya satu pembayaran dividen setiap tahun. Dana ini tidak fokus pada menghasilkan keuntungan modal, sehingga mereka tidak memperdagangkan sekuritas terkecuali dividen saham ini bergantung atau anjlok terlalu jauh. Ini tentu bukan dana yang paling agresif, tetapi jika anda memiliki jumlah yang signifikan untuk berinvestasi, pendapatan dividen yang dihasilkan setiap tahun sangatlah besar.

Dana saham – hasil tinggi lainnya berfokus pada generasi keuntungan modal dengan menggunakan gaya perdagangan yang sangat agresif. Hal ini melibatkan keaktifan dalam mencari saham besar berikutnya dan mencoba untuk waktu kenaikan tersebut. Sebaliknya, dana tersebut mungkin terlihat untuk saham singkat yang siap untuk mengambil anjlok yang besar. Jenis dana memerlukan manajer yang sangat aktif yang memiliki pengalaman cukup dan insting yang tajam. Ada tingkat yang jauh lebih tinggi dari resiko yang melekat pada jenis dana saham relatif terhadap dana dividen, tetapi juga menawarkan kesempatan yang lebih besar untuk keuntungan cepat dan substansial.

  • Dana obligasi – hasil tinggi

Dana saham bukanlah satu-satunya reksa dana yang dapat membuka jalan untuk kekayaan. Meskipun dana obligasi biasanya disebut-sebut sebagai salah satu jenis dana yang paling aman, memberikan pendapatan tahunan moderat dan janji pelestarian modal, dana obligasi hasil tinggi sebenarnya cukup beresiko.

Sementara dana yang berinvestasi pada obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan dinilai tinggi dan pemerintah menghasilkan mayoritas keuntungannya dari pembayaran bunga, dana yang berinvestasi pada obligasi yang dinilai sangat rendah yang disebut obligasi rongsokan, mempekerjakan strategi investasi jangka pendek lebih banyak. Bukannya memegang obligasi hingga jatuh tempo dan mengumpulkan pembayaran kupon secara tahunan, dana sampah memanfaatkan volatilitas nilai obligasi rongsokan. Karena resiko umum yang begitu tinggi, obligasi rongsokan sering menjual terlalu jauh dibawah nilai nominal dan membayar bunga yang sangat tinggi. Sebagaimana suku bunga nasional diubah atau entitas menerbitkan mengeluarkan memperoleh atau kehilangan kredibilitas, harga pasar dari obligasi tersebut dapat berfluktuasi secara dramatis. Dana rongsokan menghasilkan keuntungan dengan membeli obligasi rongsokan yang murah, menuai manfaat dari pembayaran kupon dermawannya dan menjualnya sebelum perusahaan umum melakukannya, dan berharap mudah-mudahan dapat keuntungan. Jika entitas menerbitkan dengan stabil dan peringkat kredit semakin membaik, nilai obligasi rongsokan dapat meningkat secara dramatis, menghasilkan hasil yang lebih tinggi karena harga pembelian yang lebih murah.

  • Dana yang seimbang untuk investor menengah

Bagi mereka yang tidak siap untuk mengambil resiko ekstrim yang melekat didalam dana hasil tinggi, ada reksa dana dalam berbagai pilihan yang memberikan kesempatan untuk meraih keuntungan bsar sekaligus menawarkan stabilitas. Dana yang seimbang berinvestasi di kedua hal yaitu hutang dan ekuitas serta dapat disesuaikan dengan tujuan tertentu dan toleransi resiko dari pemegang sahamnya. Bagi investor yang ingin berinvestasi di resiko tinggi, hadiah aset tinggi tanpa taruhan ladang, dana yang bermain relatif aman tap masih mencakup beberapa – sekuritas tinggi yang cocok. Misalnya, dana mungkin berinvestasi terutama di obligasi yang sangat stabil atau membeli dan memegang saham blue chip dengan catatan riwayat yang terbukti tetapi juga mengalokasikan sebagian dari modal untuk berinvestasi di obligasi rongsokan atau saham sangat fluktuatif. Meskipun potensi penciptaan kekayaan dibatasi dengan serius, dana tersebut menawarkan stabilitas jangka panjang dengan taburan resiko.

  • Obligasi resiko rendah dan reksa dana pasar keuangan: Lambat tetapi bertumbuh dengan baik

Sama seperti investasi apapun, semakin anda mampu untuk masuk ke dalamnya maka semakin besar potensi keuntungan yang bisa anda dapatkan. Sulit untuk menjadi kaya jika anda berinvestasi hanya senilai US$ 1.000 dalam setiap jenis sekuritas. Namun jika anda memiliki jumlah uang yang signifikan untuk diinvestasikan, maka anda dapat menghasilkan jumlah pendapatan yang cukup besar bahkan dengan investasi yang paling stabil sekalipun.

Meskipun obligasi resiko rendah dan reksa dana pasar keuangan tidak seperti penciptaan kekayaan yang super singkat, hal ini menawarkan tingkat stabilitas yang sangat tinggi dengan janji pendapatan tetap setiap tahunnya. Jika anda memiliki jumlah yang cukup untuk berinvestasi, maka suku bunga yang moderat dapat menghasilkan jumlah yang besar dan kuat.

  • Dampak dari biaya manajemen

Saat mencari untuk menghasilkan kekayaan melalui investasi reksa dana, penting untuk mempertimbangkan dampak dari rasio biaya dana tersebut. Secara umum, dana yang dikelola lebih aktif seperti dana obligasi dan saham hasil tinggi, cenderung memiliki rasio biaya yang lebih tinggi untuk mengimbangi biaya perdagangan yang meningkat. Jika rasio biaya dana yang diberikan sangat tinggi, dapat memakan sebagian besar dari keuntungan tahunan.

  • Pendapatan investasi dan kewajiban pajak

Satu pertimbangan penting saat memilih reksa dana adalah dampak dari pendapatan investasi pada tagihan pajak anda. Tergantung pada jenis pendapatan reksa dana yang dihasilkan, anda mungkin menemukan diri anda membayar pajak lebih besar daripada yang diantisipasi. Dana yang menghasilkan keuntungan jangka pendek, seperti umumnya yang dilakukan oleh dana-hasil tinggi, dapat membuat kewajiban pajak yang signifikan karena pendapatan investasi jangka pendek dikenakan pajak pada tarif pendapatan daripda dibawah tingkat keuntungan modal yang berlaku untuk keuntungan jangka panjang.

Comments are closed.